Client: Gradianto & partner
Skill: Jakarta

Pulau Belitung terkenal oleh batu granit berukuran raksasa yang tersebar di seantero pulau. Salah satu yang menakjubkan adalah Batu Garuda, granit berbentuk burung garuda yang berada di lepas Pantai Tanjung Kelayang. Seperti apa?

Batu-batu granit raksasa di Pulau Belitung seringkali membentuk formasi tak biasa. Sebut saja Pantai Tanjung Tinggi alias ‘Pantai Laskar Pelangi’, yang dipenuhi formasi granit raksasa.

Namun salah satu yang paling unik terletak di lepas Pantai Tanjung Kelayang, Belitung Barat. Namanya Batu Garuda, yang menempati sebuah pulau pasir mungil tak jauh dari lepas pantai.

“Dinamakan Batu Garuda karena bentuknya seperti kepala garuda,” tutur Ferry, pemandu yang mengantar rombongan wartawan island hopping di sekeliling Pulau Belitung beberapa waktu lalu.

Pantai Tanjung Kelayang sendiri berjarak tempuh sekitar 30 menit dari Kota Tanjungpandan. Perjalanan dari pantai menuju Pulau Batu Garuda hanya memakan waktu sekitar 10 menit naik boat.

Benar saja, formasi batu granit ini menyerupai burung dengan kepala yang mencuat di bagian atasnya. Tampak satu bagian batu berbentuk seperti paruh. Karena keunikannya, Batu Garuda menjadi spot foto favorit tiap turis yang berkunjung. Berminat melihatnya sendiri?